pipa air

2 Metode Mengatasi Pipa Air Bocor Di Rumah

Pipa air yang bocor baik di rumah ataupun di kantor tentu sangat menyusahkan orang-orang. Selain membuat penggunaan air bersih jadi terganggu, pipa bocor juga bisa mengganggu pengguna kamar mandi. Tentu saja jika pipa yang bocor berada di dalam kamar mandi.

Cipratan dari pipa apalagi jika kebocorannya besar tentu akan membuat baju atau celana jadi basah. Tentu anda tidak mau hal ini berlarut-larut terjadi dari semakin mengganggu. Untuk itu kebocoran dari pipa sanitasi air bersih sebaiknya diperbaiki sedini mungkin. Berikut ini caranya!

2 Metode Atasi Pipa Air yang Pecah atau Bocor

1.   Metode Penghentian Kebocoran Pipa

Hal pertama untuk pertolongan pada pipa air bersih yang mengalami kebocoran yaitu dengan menghentikan terlebih dahulu kebocorannya. Karena seperti diketahui kebocoran pipa ini sangat mengganggu apalagi jika terjadi di dalam kamar mandi atau di dalam rumah.

Sebelum memperbaiki bagian pipa yang bocor atau menggantinya sebaiknya hentikan dulu bagian yang bocor dengan cara menutup bagian katup air yang langsung terhubung pada pipa. Selanjutnya setelah katup air ditutup Anda habiskan terlebih dahulu air yang tersisa di pipa dengan cara menghidupkan keran air. Lalu bagian pipa yang bocor dikeringkan dengan menggunakan kain lembut atau handuk. Tunggu bagian pipa kering secara alami.

Sekarang adalah proses pendempulan pipa air PVC dengan cairan perekat. Cairan ini bisa anda temukan lebih mudah jika membelinya di toko bangunan. Untuk lebih mempermudah pengerjaan sebaiknya gunakan pisau dempul lalu rekatkan dengan cairan perekat ke bagian pipa yang bocor. Setelah dilakukan pencampuran secara sempurna bagian yang bocor tersebut ditutup dengan pita perekat yang terbuat dari karet. Anda harus memastikan bahwa semua bagian yang bocor tertutupi dengan sempurna. Untuk memaksimalkan proses ini gunakan jepitan klem di bagian pipa perekat. Lalu biarkan selama beberapa jam sampai cairan tersebut mengering. Untuk diketahui pita perekat ini sudah tahan air jadi tetap bisa melindungi pipa.

2.   Metode Pemotongan Pipa

Cara mengatasi pipa air yang bocor ketika durasi kebocorannya sudah semakin besar yaitu dengan memotong pipa. Pertama sekali tentu anda harus menghitung ukuran pipa untuk mencari pipa pengganti bagian yang bocor. Anda bisa mencari pipa pengganti ini di toko bangunan secara online maupun offline.

Untuk cara pengerjaannya yaitu pertama sekali matikan air dan pastikan bahwa pipa sudah kering. Cara memotong pipa yaitu dengan menggunakan gergaji besi, untuk pemotongan bagian pipa yang bocor. Agar memudahkan, sebelum pemasangan pipa yang baru untuk bagian pipa rusak sebaiknya pipa yang tersisa di poles terlebih dahulu. Pastikan bahwa potongan pipa yang Anda beli sama ukuran dan bentuknya dengan ukuran pipa yang akan diperbaiki.

Pastikan pemasangan sambungan pipa sudah rapat agar tidak terjadi kebocoran kembali. Lalu coba hidupkan pipa saluran air untuk mengetes apakah masih terjadi kebocoran atau tidak.

 

Jadi itu tadi dua metode yang bisa dilakukan untuk memperbaiki pipa air yang bocor di rumah ataupun di mana saja. Sebaiknya memperbaiki pipa bocor jangan ditunda terlalu lama untuk mencegah kebocorannya semakin membesar.

 

Nah jika anda menginginkan pipa berkualitas dan tidak mudah mengalami kebocoran untuk digunakan dalam jangka waktu panjang, maka bisa memilih pipa dari merk rucika. Rucika merupakan produsen berbagai model pipa, sambungan pipa hingga lem pipa. Rucika juga merupakan merek yang sudah terkenal di mana saja, jadi sangat mudah menemukan merk pipa ini baik di toko material di kota Anda ataupun e-commerce. Selain itu juga Anda bisa mendapatkannya di website resmi Rucika di alamat www.rucika.co.id disini Anda tidak hanya mendapatkan ilmu tentang perpipaan tetapi bisa berkonsultasi langsung dengan teknisi Rucika.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *