4 Obat Sakit Tenggorokan Alami

Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami banyak orang adalah sakit tenggorokan. Kondisi ini disebabkan adanya peradangan pada tenggorokan. Gangguan ini tentunya akan membuat kamu merasa tidak nyaman lantaran tenggorokan terasa kering, panas, dan nyeri saat menelan atau berbicara.

Lantas, bagaimana cara mengobati sakit tenggorokan? Oleh karena itu, dalam artikel kali ini akan membahas tentang 4 obat sakit tenggorokan alami sebagai berikut ini:

  1. Air Putih

Obat sakit tenggorokan alami yang pertama adalah dengan air putih. Jika mengalami sakit tenggorokan, kamu perlu minum air putih lebih banyak guna meringankan rasa sakitnya.

Karena bagaimanapun menjaga asupan cairan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk mengobati sakit tenggorokan akibat radang.

Pasalnya, ketika kamu kekurangan cairan, maka tubuh tidak bisa menghasilkan cukup air liur serta lendir guna menjaga tenggorokan tetap lembap.

Kondisi ini tentunya akan menyebabkan pembengkakan serta membuat peradangan semakin parah.

Oleh karena itu, pastikan cairan tubuhmu tetap terpenuhi agar kondisi tenggorokan tetap lembap.

Minum air putih merupakan cara yang paling mudah untuk mencukup cairan di dalam tubuh. Untuk mengobati sakit tenggorokan sedikitnya kamu perlu minum air putih sebanyak 2 liter dalam sehari.

Selain air putih, kebutuhan cairan tubuh juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi teh, jus buah, atau sup kaldu.

 

  1. Air Garam

Obat sakit tenggorokan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam. Selain mampu mengobati radang tenggorokan, air garam juga bisa membantu meredakan nyeri dan rasa panas dari sakit tenggorokan.

Dengan berkumur air garam beberapa kali sehari mampu meredakan bengkak, mencairkan dahak yang menggumpal, dan membantu membasmi bakteri di tenggorokan.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Yang pertama kamu campurkan 1 sendok teh garam dengan secangkir air hangat.
  • Lalu aduk sampai garam larut dengan air.
  • Setelah garam larut, lalu kumur selama beberapa detik saja.
  • Keluarkan, dan ulangi kumur air garam 3-4 kali dalam sehari.
  • Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini dengan rutin ya.

 

  1. Cuka Apel dan Garam

Selain sebagai pelengkap rasa pada makanan, cuka apel dan garam juga bisa digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan.

Cuka apel bersifat asam sehingga bisa menciptakan lingkungan yang menghambat virus serta bakteri.

Jadi, jika tenggorokanmu mengalami peradangan yang disebabkan batuk hebat, kamu bisa coba mengatasinya dengan 1 sendok makan cuka apel yang dicampur dengan 2 sendok makan teh garam lalu dilarutkan dalam segelas air hangat.

Kalau perlu, campuran bahan ini bisa kamu gunakan sebagai obat kumur alami guna mengatasi radang yang menyebkan sakit tenggorokan.

Caranya adalah kamu campurkan masing-masing 1/4 cangkir cuka apel dan 1/4 cangkir madu. Lalu kumur-kumur dengan ramuan tersebut setiap empat jam.

  1. Madu dan Perasan Lemon

Madu dan perasan lemon merupakan cara lainnya untuk mengobati sakit tenggorokan. Pasalnya, madu mempunyai sifat antibakteri yang bisa membantu mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada saluran tenggorokan.

Sedangkan lemon kaya akan kandungan vitamin C. Selain itu, lemon juga bisa memiliki kandungan astringen yang dipercaya bisa meredakan serta mengobati sakit tenggorokan. Pasalnya, kandungan astringen pada lemon bisa meredakan pembengkakan pada tenggorokan serta menciptakan rasa asam yang mampu mematikan virus dan bakteri penyebab iritasi pada tenggorokan.

Caranya juga cukuplah mudah. Kamu cukup campurkan 2 sendok madu serta perasan lemon secukupnya ke dalam secangkir teh atau air hangat.

Namun perlu diingat, madu tidak dianjurkan untuk anak dibawah 1 tahun.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *