aligner gigi

4 Perbedaan Umum Aligner Gigi dan Behel

Aligner gigi dan behel merupakan dua metode yang banyak direkomendasikan oleh dokter gigi sebagai cara untuk membuat gigi tampak lebih rapi. Meskipun sama-sama sebagai metode merapikan dan meratakan tatanan gigi, tentunya behel lebih banyak dipilih orang untuk mengatasi permasalahan tersebut. Namun banyak review yang mengatakan menggunakan aligner jauh lebih banyak memberikan keuntungan loh.

Daripada bingung harus menggunakan aligner gigi atau behel saja, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu berbagai manfaat dan fungsi dari alat merapikan gigi ini. Selanjutnya baru kamu bisa mendatangi dokter untuk mendapatkan proses penanganan lebih lanjut lagi.

Pengertian Aligner Gigi dan Behel/Kawat Gigi

Behel merupakan sebuah alat yang ada bracket logamnya, yang mana kemudian akan dilekatkan pada gig menggunakan lem. Lalu kawat akan diikatkan pada bracket tersebut dan diberikan karet gelang kecil agar proses pengencangan kawat bisa lebih mudah.

Sedangkan aligner merupakan alat yang berwujud seperti barisan gigi yang bisa dilepas dan dipasang dengan mudah. Alat ini terbuat dari material plastik yang transparan dan material tersebut sudah termasuk yang bebas BPA sehingga aman apabila dipasang dalam waktu yang cukup lama.

Meskipun mempunyai tujuan yang sama, keduanya mempunyai perbedaan yang mendasar ketika sedang digunakan. Nah uraian berikut ini akan menjelaskan terkait perawatan gigi seperti apa yang paling bagus untuk kamu jalankan apakah behel atau aligner gigi.

Perbedaan Umum Aligner Gigi dan Behel/Kawat Gigi

Sebelum melakukan perawatan gigi dengan cara aligner atau behel ada baiknya kamu memahami perbedaan manfaat keduanya dan bagaimana kerjanya secara umum. Langkah ini tentunya akan membuat perawatan gigi yang akan kamu jalankan lebih maksimal hasilnya.

  • Melihat Bagaimana Pemasangannya

Pertama-tama sebelum memasang aligner gigi, yang harus kamu lakukan adalah memeriksakan kondisi struktur gigi kamu. Selanjutnya dokter akan merekomendasikan aligner yang mempunyai kecocokkan dengan struktur gigimu. Dan kamu akan mendapatkan jumlah aligner sesuai keadaan gigimu. Jika sudah kamu bisa memasangnya sendiri tanpa bantuan dokter karena aligner mempunyai permukaan berongga dan berwujud seperti gigi sehingga bisa langsung terpasang dengan pas.

Sedangkan kawat gigi atau behel pemasangannya berawal dari bracket logam yang dilapisi lem kemudian dilekatkan pada gigi yang akan dirawat. Tentunya sebelum pemasangan gigi kamu akan dibersihkan oleh dokter gigimu dan dilanjutkan dengan pemasangan kawatnya dengan teknik laser. Tujuannya agar perekatan bisa lebih kuat dan tidak gampang terlepas. Biasanya pemasangannya membutuhkan waktu 30 menitan atau tergantung dengan keadaan riil gigi.

  • Wujud Alat/Toolsnya

Saat kamu memperhatikan mereka yang menggunakan behel, maka kamu akan melihat gigi yang dipagari dengan kawan. Kamu bisa berkesempatan memilih warna behel sesuai dengan yang kamu inginkan.

Sedangkan jika kamu menggunakan aligner gigi, maka kamu akan melihat barisan gigi yang transparan dan hampir sulit untuk dikenali. Namun pada penggunaan yang intens dan jarang dibersihkan aligner juga bisa berubah warna menjadi kuning yang mana menandakan sudah terkontaminasi dengan kuman dan bakteri sehingga harus segera diganti dengan aligner yang lain sesuai tahapannya.

  • Metode Perawatan dari Aligner dan Behel

Perbedaan keduanya dari cara perawatannya, yang mana aligner gigi bisa kamu bersihkan dengan mudah loh tanpa membutuhkan bantuan orang lain. Kamu pun bisa melepaskan alat tersebut ketika sedang makan ataupun sedang ada acara dan tak ingin menggunakannya. Lalu kamu bisa membersihkannya secara berkala agar terjaga kebersihan alat tersebut.

Sedangkan behel atau kawat gigi pembersihan dan perawatannya kamu perlu datang ke dokter gigimu. Biasanya control rutin dilakukan setiap beberapa bulan sekali ataupun rutin setiap bulan untuk membersihkannya. Sehingga akan lebih merepotkan tentunya, apalagi untuk kamu yang aktifitasnya beraneka ragam.

  • Dampak Ketika Digunakan

Ketika menggunakan kedua alat ini tentunya memiliki perbedaan. Saat menggunakan behel akan timbul sebuah rasa yang kurang enak atau tidak nyaman karena cenderung diberikan penekanan di area mulut dan gigi. Bahkan pada beberapa kesempatan akan ngilu dan mengganjal di area mulut. Jika kamu tidak dapat merawatnya dengan benar maka akan terdapat perubahan pada gigi serta akan timbul bau mulut juga. Untuk mengkonsumsi makanan juga penggunaan behel terbatasi, karena cenderung tidak dapat mengolah makanan yang teksturnya lengket maupun keras.

Sedangkan penggunaan aligner pada dasarnya hanya akan membuat kamu kesulitan untuk bicara ataupun menggerakkan gigi secara bebas. Namun kelebihannya bisa kamu lepas ketika sedang dalam kondisi tertentu seperti makan maupun acara yang penting.

Demikian perbedaan yang akan kamu temui pada aligner gigi dan juga behel. Untuk masalah budget yang harus kamu keluarkan aligner membutuhkan biaya keseluruhan yang lebih terjangkau daripada yang menggunakan behel atau kawat. Secara umum aligner membutuhkan budget 9 jt an untuk keseluruhan perawatannya. Aligner asli bisa kalian peroleh di Klar Smile ya, dengan jalan kalian download terlebih dulu aplikasinya di Google Play dan dapatkan produk yang berkualitas.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *