jenis skincare yang mengandung glycolic acid

6 Jenis Skincare yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang menggunakan produk skincare untuk mengatasi masalah kulit wajah, Anda pasti sudah tidak umum lagi dengan kandungan AHA yang memiliki berbagai jenis, salah satunya glycolic acid. Kandungan-kandungan ini sangat cocok untuk perawatan eksfoliasi.

Sehingga wajah yang terlihat kusam akan kembali cerah dan terlihat bersih, serta bertahap akan menjadi glowing bila Anda memakai secara rutin. Berikut ini terdapat beberapa jenis skincare yang mengandung glycolic acid, antara lain:

1. Glycolic Acid atau Asam Glikolat

Terdapat asam glikolat atau glycolic acid yang sangat umum ditemukan dalam produk skincare yang fokus pada eksfoliasi. Sebab jenis asam ini mampu menyerap ke dalam kulit dengan mudah, karena molekulnya berukuran kecil dibandingkan yang lainnya.

Glycolic acid bisa meningkatkan produksi kolagen serat elastin dan terdapat kemampuan alami yang bisa membuat kulit Anda lebih terhidrasi. Canggihnya, jenis asam ini juga memiliki fungsi AHA yang bisa menjadi perawatan anti-aging, sehingga mampu melawan tanda-tanda penuaan.

2. Lactic Acid atau Asam Laktat

Selanjutnya terdapat asam laktat yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya, sehingga jenis asam ini bisa mengurangi kemampuannya saat menembus lapisan terluat pada kulit wajah.
Asam laktat juga memiliki keunggulan seperti menghidrasi kulit Anda yang akan mengurangi sel-sel kulit mati dengan cara yang lembut.

3. Citric Acid atau Asam Sitrat

Terdapat asam sitrat yang bisa didapatkan melalui berbagai jenis buah-buahan sitrus, beberapa diantaranya seperti jeruk dan lemon. Citric acid ini dikenal akan kandungan antioksidan yang tinggi.
Asam sitrat bisa menyeimbangkan kadar pH kulit wajah Anda, sehingga mampu mengusir bakteri penyebab jerawat. Keunggulan lainnya dari jenis asam ini yaitu bisa mencerahkan kulit bila Anda menggunakannya secara rutin dan teratur.

4. Malic Acid atau Asam Malat

Salah satu jenis asam yang termasuk dalam AHA yaitu malic acid. Jenis yang satu ini bisa memberikan manfaat bagi kecantikan kulit dan kesehatan tubuh berkat antioksidan di dalamnya.
Asam malat juga terdapat dalam suplemen kesehatan yang akan meningkatkan metabolism tubuh. Selain digunakan untuk kecantikan, banyak juga orang yang mengonsumsi dalam bentuk suplemen.

5. Mandelic Acid atau Asam Mandelat

Selanjutnya terdapat mandelic acid yang jarang digunakan, tetapi menjadi molekul terbesar yang cocok untuk digunakan pemilik kulit sensitif. Sebab jenis asam ini memiliki penetrasi yang lambat ke dalam kulit.
Asam mandelic bisa mendorong produksi minyak alami pada permukaan kulit wajah Anda. Fungsi ini sangat berguna untuk pemilik kulit kering karena bisa terbantu produksi minyaknya.

6. Tartaric Acid atau Asam Tartarat

Terakhir terdapat tartaric acid atau disebut juga sebagai asam tartarat yang berasal dari buah anggur merah yang didapatkan dengan cara yang alami. Bila dibandingkan dengan glycolic acid, lactic acid, dan malic acid, maka ukuran molekul ini lebih besar.

Sama seperti jenis asam lainnya, asam tartart bisa membantu Anda saat melakukan proses eksfoliasi kulit dengan lembut. Tetapi, asam tartarat lebih dikenal dengan manfaat lainnya, yaitu bisa menyeimbangkan pH alamit kulit.
Itulah jenis-jenis AHA yang umum ditemukan dalam produk skincare, salah satunya seperti glycolic acid, sehingga mampu memberikan manfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh Anda. Apakah Anda sudah paham mengenai jenis-jenis AHA dalam produk skincare?

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *