Merk pipa pvc

Ada Rencana Bangun Kos-Kosan? Berikut Bahan Bangunan yang Harus Diperhatikan Kualitasnya

Kos-kosan menjadi salah satu usaha yang dapat dilirik, terutama jika Anda memiliki lahan di daerah strategis. Namun, perlu diketahui beberapa bahan bangunan yang harus diperhatikan kualitasnya untuk menjaga keberlangsungan bangunan hingga jangka waktu yang lama. Salah satu bahan bangunan yang harus diperhatikan kualitasnya ialah pipa, pastikan menggunakan merk pipa pvc untuk instalasi aliran air dan pelindung instalasi kabel listrik di kos-kosan. Tentunya, tidak hanya pipa saja, hal lainnya akan dibahas pada ulasan berikut ini.

 

Batu Bata

Batu bata masih menjadi primadona dalam membangun dinding. Lantaran sifatnya yang membuat ruangan menjadi lebih sejuk, tembok tidak mudah retak, dan tahan terhadap api. Selain itu, batu bata juga memiliki sifat lebih awet, kuat, kokoh, dan tahan lama. Hal ini karena batu bata terbuat dari tanah liat yang dibakar hingga berwarna kemerah-merahan.

Saat ini banyak bahan bangunan terbaru, seperti bata ringan, batako, gypsum, ataupun bambu yang telah diolah. Dari segi harga, bahan bangunan untuk membuat dinding tersebut memang memiliki harga yang lebih terjangkau. Namun, di sisi lain membuat ruangan cenderung terasa panas.

Kayu

Pembangunan rumah ataupun kos-kosan tentu akan banyak menggunakan kayu. Kayu sendiri banyak digunakan untuk pintu, daun pintu, jendela, daun jendela, penyangga genteng, hingga untuk membuat lantai tingkat yang tidak dicor. Kayu yang dipilih sebaiknya kayu yang berkualitas baik. Sebab, kayu dengan kualitas yang kurang baik, cepat menjadi lapuk, dimakan rayap, dan melengkung jika terkena basah. Pastikan kayu yang digunakan memiliki permukaan kering dan merata.

Pipa

Pipa memiliki banyak fungsi dalam membangun rumah, terutama membangun kos-kosan yang memiliki banyak ruang, banyak aliran air, dan banyak aliran listrik. Pipa yang digunakan sebaiknya pipa polivinil klorida (PVC). Merk pipa pvc memiliki kelebihan anti sinar ultraviolet, ramah lingkungan, dan harga yang kompetitif sehingga cocok untuk memenuhi kebutuhan sistem perpipaan pembangunan rumah ataupun kos-kosan. Kos-kosan tentunya akan memiliki banyak kamar, di setiap kamarnya tentu membutuhkan aliran listrik. Pastikan pipa yang dipilih sudah memiliki berstandar SNI dan ISO sehingga keamanannya terjamin. Pemilihan pipa yang tepat dapat meminimalisir pengeluaran tidak terduga di masa depan. Selain itu, kos-kosan pasti lebih banyak aliran air dan limbahnya dibanding rumah biasa.

Genteng

Genteng tanah liat menjadi favorit masyarakat Indonesia. Atap dari genteng tanah liat memberikan efek dingin pada ruangan di siang hari, apalagi Indonesia merupakan negara beriklim tropis. Namun, sering juga masyarakat menggunakan atap dari beton, baja, baja metal ringan, genteng keramik, asbes, hingga seng. Bahan-bahan tersebut memang lebih terjangkau dari segi harga, namun cepat menghantarkan panas ke dalam rumah, sehingga siang hari akan terasa sangat menyengat.

 

Pembangunan tentunya perlu budget yang cukup. Jika budget yang dimiliki tidak cukup untuk membeli batu bata, kayu, dan genteng yang berkualitas, pastikan pipanya tetap berkualitas. Karena pembongkaran pipa cukup rumit melihat pipa seringnya tertanam di dalam bangunan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *