samsat online

Cara Install Dan Registrasi Samsat Online

Pada era yang modern ini hampir seluruh kegiatan dapat dilakukan secara online, tanpa memerlukan tatap muka atau menempuh perjalanan yang jauh. Salah satunya yakni dengan tersedianya aplikasi Samsat Online. Biasanya orang pergi ke samsat untuk mengurus beberapa hal penting yang ada hubungannya dengan administrasi. Salah satunya yaitu untuk mengurus dokumen kendaraan bermotor.

Dengan adanya samsat online kini kita tidak perlu lagi jauh-jauh ke kantor samsat untuk membayar pajak, mengurus surat, memperpanjang SIM serta kegiatan administrasi lainnya. Samsat online hadir dengan memberikan kemudahan-kemudahan yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Namun bagi yang masih awam akan aplikasi samsat online, dapat menyimak beberapa cara berikut:

Install Dan Registrasi Samsat Online

1. Unduh Aplikasinya

Aplikasi samsat online dapat dengan mudah diunduh pada aplikasi playstore yang ada pada HP kita.

2. Lakukan Registrasi

Ketika mendaftar usahakan data yang akan dimasukkan benar-benar data yang valid sesuai dengan KTP atau kartu identitas lainnya.

3. Pilih Layanan yang Dibutuhkan

Setelah proses registrasi selesai, maka aplikasi yang ada pada hp kita telah siap digunakan sesuai dengan yang kita butuhkan. Terdapat layanan berupa E-Pengesahan STNK, Pindah Bukti, Pengaduan, Panduan, E-TBPKB, dan lain sebagainya sesuai dengan yang tertera pada halaman depan.

4. Lakukan Pembayaran

Pembayaran transaksi yang kita lakukan dapat langsung kita bayar setelah menerima kode bayar. Pembayaran yang digunakan dapat melalui sistem transefer dari BNI, BRI, Mandiri, BTN, Permata, dan juga CIMB Niaga. Kode bayar hanya dapat berfungsi selama 2 jam.

5. Masa Tenggang

Waktu ini disebut sebagai masa tenggang karena para pengguna samsat online yang telah melakukan transaksi wajib untuk datang ke samsat guna mengesahkan pembayaran yang telah dilakukan. Biasanya masa tenggang ini diberi batas hingga 30 hari setelah pembayaran.

6. Simpan Bukti Transaksi

Salah satu dokumen yang dapat menguatkan saat melakukan pembayaran atau transaksi yaitu bukti transaksi yang kita dapatkan. Simpan segala bukti transaksi yang telah kita lakukan. Dokumen ini akan berguna ketika ada masalah yang tiba-tiba muncul kedepannya.

Berbagai kemudahan telah disediakan pemerintah melalui layanan secara online. Selain dengan cara mengunduh aplikasi melalui playstore, layanan samsat online juga dapat dinikmati menggunakan website secara langsung.

Cara melakukan transaksi melalui website hampir sama ketika melakukan transaksi melalui aplikasi. Yang membedakan yaitu ketika kita menggunakan aplikasi kita akan mendapat notifikasi berupa pengingat jika telah memasuki waktu pembayaran.

Samsat online biasanya sering digunakan orang-orang untuk membayar pajak kendaraan bermotor yang dimiliki. Para pemilik kendaraan cukup menyiapkan STNK, KTP dan juga email aktif. Ketika ketiga dokumen tersebut singkron maka sebuah transaksi dapat dilakukan saat itu juga. Mengisi data yang akan dikirim tentunya harus valid dan sesuai dengan dokumen-dokumen yang dibutuhkan tersebut.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *