Cara cek BI Checking

Cara Mudah Dan Praktis Cek BI Checking Via HP Android Dan Iphone

Sejak dahulu, rumah memang sudah menjadi kebutuhan primer. Namun, bukan perkara mudah untuk bisa memenuhinya karena membutuhkan uang yang tidak sedikit. Meski demikian, tak perlu khawatir karena kini sudah banyak solusi untuk bisa memiliki rumahan idaman, seperti salah satunya yaitu Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Terdapat banyak tahapan saat ingin mengajukan KPR, seperti salah satunya BI checking. Apa itu? BI checking merupakan riwayat pinjaman lembaga perbankan atau non perbankan yang dimiliki seseorang. Informasi BI checking dikeluarkan oleh Sistem Informasi Debitur (SID).

SID ini berisi informasi yang lengkap mulai dari identitas debitur agunan, pemilik dan pengurus usaha debitur, jumlah pembiayaan yang keluar, jumlah cicilan dan rincian angka cicilannya, hingga kredit macet selama 24 bulan ke belakang. Dengan lengkapnya data tersebut, maka proses KPR akan berjalan lebih mudah dan bahkan bebas hambatan.

Lantas, bagaimana cara mengetahui status baik atau tidaknya BI checking? Cara cek BI Checking secara online saat ini tidak hanya bisa dilakukan dengan menggunakan komputer atau laptop saja, namun dengan HP pun sudah bisa. Cara cek BI checking via HP tentunya lebih praktis.

Berikut cara mudah dan praktis cek BI Checking via HP :

Buka Website Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Pertama, mengunjungi terlebih dahulu laman konsumen OJK.

Mengisi Informasi Debitur Dan Waktu Antrean

Selanjutnya mengisi informasi debitur seperti jenis debitur, tanggal kedatangan, dan kantor OJK. Kemudian pilih waktu antrean mulai dari pukul 08.00 hingga 15.00.

Upload Dokumen Yang Diperlukan

Selanjutnya silahkan unggah dokumen berupa scan atau fotocopy KTP asli. Sehingga sebaiknya kamu menyiapkannya terlebih dahulu.

Verifikasi Data Dari OJK

Setelah bukti registrasi antrean online kamu terima, silahkan tunggu OJK melakukan verifikasi data yang sudah diunggah tadi. Waktu verifikasi biasanya berlangsung paling lambat H-2 dari tanggal antrean yang sudah diajukan.

Dokumen Tambahan Jika Kamu Ahli Waris Dari Debitur

Mengingat ahli waris tidak bisa mendapatkan informasi debitur dengan mudah, maka kamu wajib menyertakan beberapa dokumen seperti Surat Keterangan Kematian atau Surat Keterangan Ahli Waris. Ungggah dokumen tersebut via WhatsApp OJK.

Melihat Hasil iDeb SLIK

Jika semua data yang diajukan lolos verifikasi, maka OJK akan mengirimkan hasil iDeb SLIK kepada kamu via email. Karena itu, email kamu harus tetap login dan aktif selama proses ini.

Jika kamu memiliki pertanyaan mengenai BI checking, kamu bisa hubungi beberapa kontak berikut ini :

  • Telepon : 157
  • WhatsApp : 081-157-157-157
  • Email : konsumen@ojk.go.id

Cara cek BI checking via HP juga ternyata dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. Caranya sangat mudah, kamu cukup daftarkan diri terlebih dahulu ke website OJK. Nah, saat sedang mendaftarkan diri, kamu jangan lupa untuk menyertakan foto selfie dan kartu identitas diri, lalu masukkan nomor WhatsApp, lanjutkan dengan mengisi formulir pendaftaran, dan terakhir kamu akan mendapatkan email validasi dari OJK.

Cara cek BI checking via HP ini bisa dilakukan dengan menggunakan Android maupun iPhone. Cara cek melalui dua devices tersebut pun hanya perlu membuka web browser saja. Bagaimana, caranya mudah bukan? Ayo segera cek data kamu sekarang juga jika masih ragu untuk mengajukan KPR karena merasa berada didalam daftar hitam !

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *