Inilah Beberapa Perusahaan Terbesar Yang Ada di Indonesia, Simak!

Sebagian besar perusahaan raksasa Indonesia dihandle olaeh sektor finansial. Dan dari daftar beberapa perusahaan terbesar, empat diantaranya berstatus sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan pada umumnya dinilai dari kapitalisasi pasar untuk acuanya. Kapitalisasi pasar sendiri merupakan suatu istilah bisnis yang mengarah pada harga keseluruhan dari sebuah saham perusahaan, dengan arti lain yakni, sebuah harga yang harus dibayar oleh seseorang untuk membeli seluruh perusahaan.

Nah, berikut ini kami akan mengulas tentang beberapa perusahaan terbesar di Indonesia, simak sebagai berikut.

  1. PT Bank Central Asia Tbk

Di posisi pertama, terdapat perusahaan yang bergerak di bidang finansial, yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Perusahaan ini berhasil meraih posisi pertama sebagai perusahaan terbesar di Indonesia, yang dinilai berdasarkan kapitalisasi pasar. Perusahaan yang berdiri pada 10 Oktober 1955 ini, memiliki nama awal yaitu NV Perseroan Dagan dan Industrie Semarang Knitting Factory.

Lalu kemudian nama itu berubah pada 21 Februari 1957 dengan nama Bank Central Asia (BCA). Di mana BCA adalah perusahaan public yang bergerak dalam bidang usaha bank umum dan memiliki presentasi sebanyak 54,94% yang dipegang oleh PT Dwimuria Investama Andalan dan 45,6% dipegang oleh masyarakat.

  1. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

Berikutnya ada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk yang mendapat posisi kedua sebagai perusahaan terbesar yanga ada di Indonesia. Perusahaan ini bahkan memiliki kapitalisasi pasar mencapai Rp 699,20 triliun per Maret (2022). Tentunya BRI tidak sama dengan BCA, di mana BRI adalah bank yang dimiliki oleh pemerintah dan didirikan pada 16 Desember 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah.

Bank Republik Indonesia (BRI) memiliki saham yang dipegang pemerintah sebanyak 56,75% dan dipegang oleh masyarakat sebanyak 43,25%.

  1. PT Telkom Indonesia Tbk

Lanjut ke posisi berikutnya yakni ada PT Telkom Indonesia Tbk, di mana perusahaan ini berhasil menjadi salah satu perusahaan terbesar dengan tolak ukur kapitalisasi pasar sebesar Rp 453,7 trilin per Maret 2022. Perusahaan ini yaitu PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), merupakan perusahaan yang dikuasai oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Di mana perusahaan ini bergerak dalam bidang jasa layanan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta jaringan telekomunikasi di Indonesia.

PT Telkom Indonesia Tbk, memiliki saham yang sebagian besarnya dikuasai oleh Pemerintah sebanyak 52,09%, dan sebanyak 47,91% dimiliki oleh masyarakat.

  1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Berlanjut ke perusahaan berikutnya, dimana PT Bank Mandiri Tbk adalah perusahaan terbesar keempat yang ada di negara Indonesia. Diperkirakan, PT Bank Mandiri Tbk memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp364,98 triliun per Maret 2022. Bank Mandiri adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di mana perusahaan ini bergerak adalam bidang usaha bank umum.

Sejauh ini Bank Mandiri memiliki komposisi kepemilikan saham di tahun 2017 yang dipegang oleh Pemerintah Republik Indonesia, sebagai pemegang saham prioritas sebesar 60% dan 7,01% dipegang oleh masyarakat lokal, dan 32,99% dipegang oleh asing. Yang membedakan disini, Bank Mandiri memiliki kebijakan bahwa, asing dapat menanam saham di perusahaannya.

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait beberapa perusahaan terbesar yang ada di negara republik Indonesia. Tentunya terdapat beberapa perusahaan besar lainnya, dan perusahaan di atas menempati puncak tertinggi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *