semangka

Inilah Cara Memilih, Memotong, Sampai Menyimpan Semangka Biar Tetap Segar Lama

Cuaca yang panas membuat orang perlu mendapatkan kesegaran dari minuman ataupun buah, jenis buah semangka bisa menjadi salah satu pilihan tepat Anda. Rasanya yang manis, kaya air jadi sangat cocok dimakan saat cuaca panas. Ada beberapa jenis semangka, ada pula semangka kuning dan merah yang cukup familiar. Namun pahamkah Anda jika membeli semangka secara sembarangan bisa jadi menemukan yang tidak sesuai. Mulai dari rasa yang tidak manis, buah yang kopong didalamnya sampai dengan semangka yang hampir membusuk. Lalu, seperti apa cara memilih yang tepat?

 

Tips Memilih Semangka

Sebenarnya cukup simpel memilih semangka yang tepat, Anda bisa menemukan dengan memperhatikan beberapa hal seperti:

 

  1. Perhatikan tangkai semangka, umumnya yang sudah layu mempunyai rasa yang manis karena tangkai yang masih segar merupakan semangka baru dipetik dan belum matang.
  2. Perhatikan bagian kulit, dimana ada bercak pada bagian bawah yang menjadi tanda kematangan semangka.
  3. Perhatikan warna kulit semangka, dimana jika sudah matang pasti akan lebih lebar garis dan warnanya lebih pekat.
  4. Perhatikan garis putih yang ada di semangka, umumnya itu juga bisa menjadi pertanda matang atau belumnya.

 

Cara Memotong Semangka Yang Tepat

Setelah menemukan semangka yang tepat, saatnya untuk memotong sebelum menikmati. Jangan salah meskipun terlihat sepele ternyata proses potong buah juga mempengaruhi kenikmatan saat makan. Mulai potong menjadi dua bagian besar, untuk memudahkan potong sedikit bagian atas dan bawah agar semangka tidak mudah terguling saat dipotong. Setelah itu setiap bagian bisa iris menjadi 4 bagian yang sama, pegang ujung semangka sehingga bisa membentuk sama panjang keseluruhan. Nah, setelah itu nikmati semangka dalam kondisi dingin ataupun tidak.

 

Cara Menyimpan Semangka

Kemudian hal lain yang tidak boleh Anda lupakan yaitu memperhatikan cara penyimpanan semangka yang tepat. Sadar tidak sadar semangka yang sudah dipotong dan dimasukkan dalam kulkas akan layu dan terlihat tidak segar, benarkah? Untuk semangka yang masih dalam kondisi utuh belum terbelah tidak perlu dimasukkan dalam kulkas. Anda bisa membiarkan saja dalam suhu ruangan, umumnya akan bertahan 3 sampai dengan 4 pekan setelah dipanen. Namun pastikan tidak langsung diletakkan di lantai, jadi perlu alas supaya tidak mudah membusuk. Bila sudah dipotong bisa disimpan pada kulkas tetapi pastikan dalam wadah yang tertutup. Hal itu meminimalisir kemungkinan bakteri tercampur dari makanan lain dan tetap dalam kondisi segar.

 

Bila Anda melakukan pemotongan dan penyimpanan yang benar, untuk semangka yang sudah dikupas bisa bertahan kurang lebih 3 sampai dengan 5 hari. Namun jika penyimpanan tidak tepat atau justru dibiarkan saja pada suhu ruangan terbuka akan membuat kesegaran yang dimiliki berkurang bahkan layu. Anda bisa buktikan sendiri, perhatikan atau bandingkan dari kedua cara penyimpanan tersebut.

 

Diatas merupakan sedikit ulasan yang bisa menjadi pengetahuan umum para ibu rumah tangga, dengan begitu kesegaran semangka tetap terjaga. Dan yang paling penting dari itu semua adalah kandungan nutrisi dalam buah semangka bisa didapatkan secara maksimal karena pemilihan, pemotongan sampai penyimpanan dilakukan dengan tepat. Nah, untuk keperluan stock semangka dirumah Anda bisa beli melalui TaniHub. Dimana aplikasi tersebut bisa menjadi cara mudah mendapatkan segala jenis buah, sayur dan kebutuhan lainnya secara berkualitas. Hari ini pesan besok langsung bisa datang kedepan pintu rumah Anda, mudah bukan?

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *