Jangan Anggap Remeh, Inilah 6 Cara Mencegah Serangan Jantung

Berita kehamilan merupakan hal yang sangat membahagiakan. Sebab Anda dan pasangan diberi kepercayaan untuk merawat harta yang tak ternilai harganya, yaitu seorang anak. Apalagi jika Anda sudah memiliki asuransi kesehatan dengan klaim manfaat melahirkan, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah biaya selama hamil hingga melahirkan nanti. Namun untuk Anda yang belum memilikinya, maka harus mulai menyiapkan dana untuk keperluan tersebut.

Manfaat Menggunakan Asuransi Melahirkan

Memang, pada saat hamil pengeluaran Anda pasti akan meningkat drastis. Dari mulai periksa rutin ke dokter, membeli obat-obatan, membeli susu kehamilan, hingga saat melahirkan nanti. Belum lagi jika hal yang tidak diharapkan terjadi pada kehamilan hingga proses persalinan harus dilakukan secara operasi caesar. Maka biaya yang harus dipersiapkan akan semakin besar.

Inilah salah satu alasan mengapa Anda sangat disarankan untuk memiliki asuransi dengan manfaat melahirkan. Sebab, asuransi ini akan menanggung berbagai biaya yang dibutuhkan selama masa kehamilan, sesuai dengan kesepakatan Anda dengan perusahaan asuransi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa manfaat memiliki asuransi ini:

  • Mengurangi risiko komplikasi bayi dan ibu, karena pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan secara rutin tanpa terkendala biaya
  • Mendapatkan penanganan terbaik selama proses melahirkan sesuai dengan yang tercantum dalam polis asuransi
  • Bayi mendapatkan fasilitas perawatan NICU jika terjadi komplikasi pasca melahirkan

 

Tips Menggunakan dan Memilih Asuransi Melahirkan

Jika Anda tertarik menggunakan produk asuransi ini tetapi merasa kesulitan memilih produk yang tepat, berikut ini adalah tips yang dapat membantu:

  • Selalu perhitungkan berapa biaya melahirkan dari jauh hari. Jika Anda sudah tahu berapa perkiraan biaya totalnya, Anda akan lebih mantap dalam memilih polis asuransi. Anda bisa sesuaikan pilihan sesuai limit perkiraan biaya yang dihitung sebelumnya.
  • Selalu cek masa masa tunggu yang ditetapkan. Berbeda dengan produk asuransi lain, asuransi melahirkan memiliki lag waktu tunggu. Masa tunggu ini bisa berbeda – beda, tapi umumnya antara 9 sampai 12 bulan. Pastikan cari penyedia jasa asuransi yang waktu tunggunya paling sesuai dengan Anda.
  • Selalu usahakan pilih penyedia jasa asuransi yang menanggung perawatan pra dan pasca melahirkan. Perhatikan juga perawatan yang ditanggung oleh perusahaan asuransi apakah sesuai dengan premi yang Anda bayarkan..
  • Selalu check track record perusahaan. Sebelum memutuskan beli produk asuransi dari penyedia jasa tertentu, gali dulu info soal perusahaanya. Jika track record mereka positif, barulah beli, tapi jika perusahaan pernah kena kasus mempersulit klaim misalnya, lebih baik cari tempat lain.

Cara Klaim Asuransi Manfaat Melahirkan

Jika Anda melahirkan di rumah sakit yang sudah menjadi rekanan perusahaan asuransi, maka Anda hanya perlu menyiapkan kartu peserta asuransi dan pengenal (KTP). Namun, jika Anda melahirkan di luar rekanan, maka proses klaim harus dilakukan secara reimburse. Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk proses klaim dan kemudian Anda bisa menghubungi pihak penyedia asuransi.

Dokumen yang biasanya dibutuhkan untuk klaim asuransi ini antara lain adalah:

  • Bukti pembayaran dan rincian biaya perawatan melahirkan
  • Rincian obat – obatan yang digunakan selama perawatan
  • Resume medis dari dokter yang merawat selama melahirkan
  • Fotokopi hasil laborat dan informasi kondisi bayi serta ibu dari pihak rumah sakit.
  • Dokumen pengajuan asuransi yang dilengkapi materai 6 ribu Rupiah.

Proses pencairan klaim umumnya membutuhkan waktu 14 hari, tetapi tentunya tergantung kebijakan perusahaan asuransi. Begitu pula dengan kelengkapan dokumen yang diperlukan, mungkin saja akan berbeda.

Bagaimana menurut Anda soal produk asuransi melahirkan di atas? Apakah sudah jelas? Semoga bahasan ini membuka wawasan Anda seputar asuransi! Terima kasih sudah membaca artikelnya

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *