kamera CCTV

Kamera CCTV di Taman Safari dengan Fitur Infrared yang Recommended

Salah satu alat keamanan penting yang harus ada di taman safari adalah kamera CCTV untuk memantau kondisi secara menyeluruh. Aktivitas yang diawasi bermacam-macam, contohnya ketika petugas memberi hewan makan, atau interaksi pengunjung dengan hewan liar.

Seperti yang diketahui, satwa yang ada di taman safari dibebaskan bukan dikurung dalam kandang. Karena itu, kamera pengintai juga menjadi pengingat jika terjadi hal berbahaya, sehingga pengelola bisa melakukan tindakan sesegera mungkin.

Bagaimana Jika Tidak ada CCTV di Taman Safari?

Umumnya, hewan langka bisa Anda temukan di taman safari atau kebun binatang. Hewan langka sendiri merupakan spesies satwa yang dilindungi pemerintah, karena populasinya yang sudah sedikit.

Akibat tidak ada kamera CCTV, tiga hewan langka mati di kebun binatang Jambi, yang diduga karena racun. Spesies tersebut adalah dua singa Afrika dan satu harimau Sumatera, hal ini juga disebabkan pengawasan yang longgar terhadap satwa.

Karena itu, CCTV sangat penting sekali untuk mengawasi semua pihak, baik pengunjung dan petugas. Jika ada CCTV tentu saja insiden seperti ini dapat dicegah atau ditangani secepat mungkin. Karena insiden bisa saja terjadi saat malam hari, penting untuk memilih kamera yang memiliki infrared.

Infrared Sebagai Pelengkap Fitur CCTV di Taman Safari

Insiden hewan yang keracunan makanan bisa disebabkan oleh makanan yang pengunjung berikan. Maka, CCTV diperlukan di taman safari untuk mengawasi dan mencegah tindakan yang bisa membahayakan hewan tersebut.

Taman safari yang tidak dipasangi CCTV akan membuat risiko hewan yang mendapat perlakuan tidak layak semakin meningkat. Apalagi sejak new normal, ada penyesuaian baru dalam standar keamanan termasuk penambahan teknologi dalam paket CCTV terbaik. Umumnya, CCTV digunakan untuk mencegah terjadinya tindak kriminal dalam tempat wisata seperti taman safari.

Sejak pandemi, keamanan tidak hanya terkait dengan kriminalitas, namun meminimalisir paparan virus. Untuk memasuki tempat pariwisata saat new normal, pengunjung harus memakai masker dan diperiksa suhu tubuhnya.

Kamera CCTV yang baik harus sudah dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengukur suhu tubuh seseorang. Karena ada fitur pendeteksi suhu tubuh, inframerah, pendeteksi wajah, sampai identifikasi nomor plat kendaraan.

Inframerah pada CCTV akan bisa memaksimalkan perekaman dengan detail meskipun pada malam hari. Tentunya, sebagian hewan memiliki sifat knocturnal  sehingga aktif di malam hari. Infrared akan bisa memaksimalkan pemantauan dan meminimalisir risiko terjadinya insiden yang berkaitan dengan hewan.

Sangat dianjurkan untuk Anda memilih CCTV berbasis internet of things serta artificial intelligence, sehingga dapat membedakan suhu setiap manusia. Meskipun orang tersebut memakai penutup kepala namun suhu tubuhnya tetap bisa diidentifikasi.

Berkaitan dengan sebelumnya, paket CCTV terbaik perlu dipasang pada beberapa titik area taman safari untuk keamanan pengunjung. Tempat wisata merupakan area yang sangat rentan dengan tindak kriminal seperti pencopetan.

Bahkan, jika jumlah pengunjung sangat banyak pada momen tertentu, maka banyak anak yang terpisah dari orang tuanya. Selain untuk memantau pengunjung, kamera pengawas juga digunakan untuk mengawasi satwa.

Hal ini juga untuk memastikan tidak ada tindakan jahat yang dilakukan kepada satwa oleh pengunjung. Jika tindakan jahat pada satwa dibiarkan terus-menerus, tentu saja bisa berbahaya bagi kehidupan satwa.

Maka, pencegahan awal yang bisa dilakukan adalah memasang CCTV pada area taman safari. Jika ada tindakan yang membahayakan satwa, maka petugas bisa mengambil tindakan secepat mungkin.

Kamera CCTV yang memonitor kehidupan satwa siang dan malam ini, juga memantau petugas ketika merawat satwa. Dari rekaman video ini bisa diketahui, apakah satwa dirawat dengan benar, serta diberi makan teratur.

Ada fitur bernama people counting dalam CCTV. Anda bisa memperhitungkan jumlah pengunjung yang datang ke taman safari di area yang terjangkau CCTV dengan rinci dan real time.

Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk menganalisis atau membaca perilaku pengunjung, untuk dijadikan evaluasi dalam meningkatkan mutu pariwisata.

Hikvision Seri ColorVu yang Recommended untuk Taman Safari

Meskipun terkesan sederhana, akan tetapi bisa dibilang memasang kamera CCTV sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini dapat dibuktikan bahwa tempat-tempat yang telah terpasangan sistem keamanan dengan kamera pengintai ini, risiko yang dimiliki cenderung lebih kecil.

Jika dibandingkan dengan tempat yang tidak dilengkapi dengan kamera pengintai tergolong lebih berisiko terjadi tindak kejahatan. Bahkan keberadaan kamera pengintai ini tidak semata-mata hanya memberikan keamanan pada sebuah taman safari yang memiliki area indoor dan outdoor.

Akan tetapi terdapat banyak sekali kemudahan yang bisa diperoleh dari adanya pengawas CCTV ini. Tentunya, perlu untuk Anda memilih jenis kamera pengintai yang tepat. Anda bisa menjadikan produk Hikvision seri ColorVu sebagai rekomendasi Anda. CCTV ini mempunyai berbagai keunggulan yang bisa Anda dapatkan, diantaranya sebagai berikut.

1. Menunjukkan tampilan gambar sesungguhnya

  • Tampilan gambar yang dihasilkan memberikan kesan realita
  • Dilengkapi fitur infrared yang bisa membuat kualitas gambar tetap jelas dan berwarna pada saat malam hari

2. Terjamin akan keakuratan gambar

  • Kualitas gambar yang sangat jernih dibandingkan dengan CCTV hitam putih

3. Kemampuan visual yang sangat baik

  • Tingkat kecerahan yang stabil
  • Dilengkapi dengan fitur aperture super F1.0

Nah, dengan keunggulan yang dimiliki oleh kamera pengintai ini, dapat membantu Anda untuk mengontrol seluruh kegiatan yang ada di sebuah taman safari. Tentunya segala bentuk aktivitas yang terjadi dapat terpantau dengan baik dan jelas.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *