Kenali Karakter Perhiasan Berlian Asli Agar Tidak Tertipu

Perhiasan merupakan benda yang sering kita jumpai. Umumnya, perhiasan lebih banyak dipakai oleh para wanita. Jenis-jenis perhiasan yang kerap digunakan diantaranya yaitu seperti gelang, kalung, anting dan juga cincin. Sedangkan perhiasan yang umum dipakai pria yaitu cincin. Perhiasan berlian asli banyak diidolakan oleh para wanita karena indah berkilauan. Namun, Anda harus berhati-hati ketika membeli perhiasan berlian karena banyak orang-orang jahat yang menjual berlian palsu atau imitasi. Agar Anda terhindar dari hal tersebut maka wajib mengetahui karakteristik berlian asli.

6 Karakteristik Perhiasan Berlian Wanita

Berlian merupakan benda mahal karena sudah dicari dan jumlahnya pun sangat terbatas. Hal ini nampaknya dijadikan peluang oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat berlian palsu. Berikut adalah cara mengenali karakteristik berlian asli.

●      Tidak Mudah Tergores

Berlian asli memiliki struktur yang sangat padat dan kuat sehingga membuatnya tidak mudah tergores. Untuk membuktikan keaslian berlian tersebut Anda dapat menggoreskan permukaan berlian pada ampas atau permukaan kasar lainnya.

Apabila setelah digoreskan, permukaan berlian terlihat tetap mulus itu tandanya berlian tersebut asli. Jika Anda menggoreskan berlian sintetis pada benda kasar maka Anda akan mendapat bekas goresan.

●      Tidak Mudah Hancur

Berlian termasuk ke dalam jenis batuan yang terkeras di dunia. Hal ini disebabkan oleh proses pembentukan berlian yang memakan waktu ratusan juta tahun. Selain itu, berlian juga terbentuk dibagian perut bumi serta mendapatkan tekanan dan suhu panas yang sangat tinggi. Berlian palsu tidak mempunyai struktur yang padat sehingga sudah hancur.

●      Berlian Asli Memantulkan Cahaya

Karakter berlian asli yaitu dapat memantulkan cahaya dengan baik. Hal inilah yang membuat berlian terlihat indah berkilauan. Bahkan, cahaya tersebut dapat dipantulkan dari berbagai sisi. Berlian asli umumnya akan memantulkan cahaya yang berwarna putih berkilau atau abu-abu. Sedangkan jika Anda melihat pantulan cahaya seperti pelangi bisa dipastikan berlian tersebut palsu atau sintetis. Kemungkinan lain yaitu berlian tersebut asli namun memiliki kualitas yang rendah.

●      Menyerap Uap

Berlian asli juga memiliki karakter yang dapat menyerap uap. Hal ini dikarenakan berlian juga bersifat sebagai penghantar panas. Karakter ini juga dijadikan sebagai cara mudah untuk mengenali keaslian berlian pada saat Anda membelinya.

Anda dapat menggunakan uap air yang dihembuskan dari mulut. Selanjutnya perhatikan permukaan berlian tersebut. Apakah uap air mengering dengan cepat atau uap air masih tertinggal di permukaan berlian. Jika uap air menghilang dengan cepat maka berlian tersebut asli.

●      Tenggelam Di Air

Berlian tidak hanya memiliki sifat yang keras dan tidak mudah hancur, namun ia juga mempunyai struktur yang padat. Kepadatan struktur berlian inilah yang akan membuatnya tenggelam jika dimasukkan ke dalam air.

Untuk membuktikan keaslian berlian dengan cara ini hanya bisa dilakukan pada berlian yang masih utuh atau belum digunakan untuk perhiasan.

●      Memiliki Sertifikat

Setiap berlian asli pasti akan memiliki sertifikat. Sertifikat berlian akan memuat informasi tentan karat, jenis, usia berlian, kualitas dan informasi penting lainnya. Sertifikasi akan sangat memudahkan Anda untuk mengetahui keaslian berlian tersebut.

Mondial Jeweler

Mondial Jeweler merupakan toko perhiasan yang menyediakan berbagai macam jenis perhiasan mulai dari perhiasan untuk sehari-hari, fashion, bahkan untuk pernikahan.

 

Bagi Anda yang suka tampil glamor atau sering menghadiri acara penting dapat menggunakan anting di atas. Anting tersebut dipercantik dengan berlian kuning sehingga akan membuat penampilan Anda semakin menonjol.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *