Makanan Sehat untuk Pengidap Tukak dan Nyeri Lambung

Makanan Sehat untuk Pengidap Tukak dan Nyeri Lambung

Nyeri lambung merupakan salah gejala penyakit yang bisa terjadi pada bagian lambung. Pada kasus yang akut, gejala tersebut juga merupakan hal yang dapat terjadi bagi penderita tukak lambung. Dimana kondisi ini dapat terjadi karena adanya lapisan perut yang mengalami luka karena asam lambung yang menggerogoti jaringan.

Hal tersebut bisa terjadi karena infeksi bakteri dan juga karena penggunaan obat antiinlamasi nonstereoid dalam jangka panjang. Apabila sudah menderita penyakit tukak lambung tersebut maka pengidapnya perlu untuk menjaga makanan yang akan dikonsumsi dengan lebih hati-hati. Upayakan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang baik penderita tukak lambung seperti berikut ini:

Mengandung probiotik

Jenis makanan sehat pertama yang dapat dikonsumsi bagi penderita tukak lambung adalah makanan yang mengandung probiotik. Anda bisa memilih makanan seperti yogurt, kimchi, miso, dan juga tempe. Hal tersebut karena berbagai jenis makanan tersebut kaya akan probiotik dan mempunyai peran yang sangat baik untuk mencegah infeksi H pylori. Sehingga bagi yang mempunyai tukak lambung atau luka yang terjadi pada lapisan lambung, maka bisa membuatnya lebih cepat sembuh dan teratasi dengan baik.

Makanan kaya serat

Makanan selanjutnya yang bisa dipilih adalah jenis yang mengandung serat banyak. Makanan kaya serat mempunyai manfaat untuk menurunkan jumlah asam di perut. Sehingga akan dapat mengurangi rasa kembung dan juga nyeri lambung. Pilih makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan yang juga bermanfaat untuk kesehatan. Karena makanan kaya serat dapat membantu proses pencernaan sehingga menghindari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

Ubi

Jenis makanan selanjutnya yang baik untuk penderita tukak lambung adalah ubi. Makanan ini mudah ditemukan dan dibuat menjadi berbagai jenis masakan. Baik untuk dikonsumsi secara langsung sebagai sumber karbohidrat ataupun cemilan. Ubi juga bagus untuk kesehatan karena mempunyai kandungan vitamin Z yang baik untuk perut kembung.

Mengkonsumsi ubi dapat meningkatkan produksi gas usus, sehingga lebih mudah mengeluarkan gas. Selain itu ubi juga mempunyai nutrisi yang bagus untuk mengurangi rasa nyeri yang dirasakan pada penderita tukak lambung. Selain ubi, Anda bisa memilih jenis makanan lain yang kaya akan vitamin A seperti wortel, bayam, blewah, dan juga hati sapi.

Paprika merah

Bahan selanjutnya yang bagus untuk kesehatan pengidap tukak lambung sehingga bisa dikonsumsi dengan rutin adalah paprika merah. Hal tersebut karena di dalam paprika merah mempunyai kandungan vitamin C. Sehingga mempunyai manfaat untuk melindungi lapisan perut yang mengalami luka.

Vitamin C di dalamnya juga akan membantu dalam penyembuhan luka lebih cepat. Selain paprika merah, Anda juga bisa memilih jenis buah lainnya yang mempunyai kandungan vitamin C yang banyak di dalamnya. Seperti buah jeruk, strawberry, kiwi, dan juga sayuran brokoli.

Selain mengkonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan pengidap tukak lambung. Anda juga perlu menghindari makanan yang dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian lambung dan gejala lainnya yang bisa dialami. Adapun jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari adalah:

  1. Susu merupakan jenis minuman yang perlu dihindari. Walaupun menawarkan banyak manfaat terutama untuk kesehatan tulang, tetapi susu dapat memperburuk kondisi tukak lambung karena memproduksi asam berlebihan.
  2. Alkohol juga perlu dibatasi karena dapat merusak saluran pencernaan dan membuat iritasi lambung.
  3. Makanan berlemak sebaiknya dihindari karena mudah membuat perut kembung dan membuat tukak lambung menjadi semakin buruk.

 

Referensi:

Halodoc. Ini Bedanya Sakit Maag dengan Tukak Lambung. Diakses pada 2021.

Promag Nyeri Lambung Karena Maag. Diakses pada 2021.

Medical News Today. Everything You Need to Know About GERD. Diakses pada 2021.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *