Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Buah ini masih bagian dari famili Lauraceae bergenus persea ini mempunyai nama latin Persea americana.Buah ini dulunya berasal dari Meksiko, daerah Amerika. Namun kini sudah banyak dibudidayakan di daerah di dunia. sebagai tanaman perkebunan monokultur ataupun perkarangan rumah di kawasan tropis seperti dinegara kita. Nama buah alpukat pertama kali dikatakan oleh penduduk suku Aztek yang tinggal di daerah amerika tengah dan meksiko.

Kemudian para penjajah membawa beberapa buah alpukat ke Indonesia sebagai persediaan makanan. Dari sinilah buah alpukat tumbuh subur di tanah Indonesia. Biji dari buah alpukat juga digunakan oleh banyak perusahaan untuk pewarna pakaian yang tidak dapat luntur. Batang pohon buah alpukat juga dapat dijadikan bahan bakar yang nantinya dapat digunakan sebagai arang dan juga memasak. Perusahaan lainnya juga memanfaatkan kulit batang pohong alpukat sebagai pewarna coklat untuk material atau bahan.Sedangakan dalam dunia kesehatan, alpukat dijadikan sebagai ramuan herbal alami untuk mengatasi batu ginjal, kencing manis, nyeri lambung, dan sesak nafas.Biji yang ada pada buah alpukat selain digunakan sebagai pewarna juga dimanfaatkan untuk mengatasi sakit gigi dan juga diabetes.Banyak ahli meneliti kandungan pada buah alpukat, kulit serta bijinya yang nantinya beranfaat dalam dunia kesehatan, menghindarkan penyakit, serta mengecilkan risiko terhadap gangguan kesehatan tubuh manusia.Berikut hasil yang didapat dari banyak penelitian yang telah dilakukan ilmuwan tentang manfaat kandungan buah alpukat bagi kesehatan tubuh, berikut ulasannya:

 

Mempercepat proses penyerapan nutrisi

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, buah alpukat mampu membuat tubuh bekerja dengan lebih baik, terutama mengatasi proses penyerapan nutrisi pada sistem pencernaan. Hal ini telah dibuktikan dari beberapa riset dan memnag telah mencapai tingkat kebenaran yang benar.

Menjaga kesehatan mata 

Kandungan lutein dalam buah alpukat merupakan kadar lutein paling banyak jika dibanding buah-buahan lain yang sama-sama memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan alami yang dapat membuat tubuh menjadi sehat juga dipicu oleh lutein yang dihasilkan oleh kloroplas dan juga chromoplas.
Lutein dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata manusia.Degenerasi manula dan juga katarak akan semakin minim jika rajin mengonsumsi alpukan sebagai asupan nutrisi sehati-hari.

Menghambat pertumbuhan sel kanker 

Menurut dokter, dalam tubuh setiap manusia terdapat sel kanker yang suatu saat bisa tumbuh, sesuai dengan daya tahan tubuh seseorang, yang nantinya dapat stabil atau bahkan membuat tubuh semakin drop. Kandungan buah alpukat mampu menghambat pertumbuhan sel kanker yang sudah ada pada tubuh, atau juga mampu mengatasi munculnya sel kanker yang baru timbul dan begitu ditemukan langsung dihancurkan tanpa memberikan dampak buruk terhadap sel-sel kesehatan aktif lainnya

 

Menurunkan kadar kolesterol 

Penyakit seperti Xanthomasi dan juga gagal jantung diawali dengan kolesterol jahat yang turut serta mengalir dalam aliran darah. Hal ini ditunjang dengan pembuktian terhadap beberapa orang yang mengalami kolesterol tinggi. Dimana kemudian orang-orang tersebut dipaksa untuk mengonsumsi alpukat selama satu minggu tanpa celah untuk berhenti. Dan yang terjadi, tingkat kolesterol pada tubuh berangsur turun hingga mencapai batas minimal.

Sumber antioksidan glutathione 

Antioksidan Glutathione atau disingkat GSH merupakan ibu dari segala jenis antioksidan.Kinerja antioksidan inilah yang membuat sel-sel di dalam tubuh dapat bekerja secara maksimal.Kulit akan teregenerasi secara alami dikarenakan kandungan buah alpukat mampu menciptakan kolagen baru sehingga dapat menghaluskan wajah anda.

Khasiat buah alpukat mengandung potassium 

Kandungan potassium yang ada pada buah alpukat dapat digolongkan sebagai mineral alami yang dapat mengontrol jantung, fungsi fisiologis, dan juga fungsi otak. Buah alpukat mampu menyaingi kandungan potassium yang ada pada buah pisang. Sekitar dua kali lipat (975 mg) lebih banyak kandungan potassium buah alpukat dibanding pisang. Khasiat buah alpukat karena potassium tingginya antara lain:
– Menurunkan tekanan darah tinggi
– Membantu mengurangi rasa nyeri otot akibat latihan atau olahraga, seperti lari jarak jauh dan fitness
– Memelihara kestabilan cairan, elektrolit, dan asam basa di dalam tubuh


Khasiat buah alpukat mengandung protein yang tinggi dan Lemak Tak Jenuh

 
Alpukat menyimpan sekitar empat gram protein pada satu buahnya.Kebutuhan protein harian akan terpenuhi oleh kandungan alpukat di dalamnya.Alpukat juga mengandung lemak baik yang nantinya dapat menggantikan lemak jahat pada tubuh anda. Konsumsi buah alpukat akan menggantikan konsumsi protein hewani yang sebenarnya kurang baik bagi tubuh.Alpukat mengandung potassium yang berperan aktif pada tubuh.Dimana kandungan potassium tersebut mampu membuat tubuh memperbarui jaringan otot dan jaringan tubuh lainnya.

Khasiat buah alpukat bayi dan ibu menyusui 

Seperti yang kita ketahui bahwa daging alpukat begitu lunak sehingga balita-pun tidak kesulitan ketika mengonsumsinya. Asupan yang sehat sudah pasti akan mempengaruhi adanya generasi sehat di masa yang akan datang.Oleh sebab itu, awali dengan pemilihan nutrisi sehat secara cermat.Ajari anak untuk menyukai alpukat, karena nutrisinya akan memberi dampak yang luar biasa bagi anak.Namun jangan pernah memaksa anak untuk menyukai alpukat, usahakan agar dia suka secara alami tanpa adanya paksaan.
membiasakan akan mengonsumsi alpukat dapat dimulai saat anak masih dalam usia bayi, dapat anada gunakan sebagai campuran bubur dan makanan pendamping ASI.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *