manfaat kurma

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Salah satu buah yang fenomenal dan memberi ratusan manfaat ialah buah kurma. Buah ini mampu memberi manfaat mulai dari yang kecil hingga yang besar. Buah ini termasuk buah yang kaya kalsium dan serat. Buah kurma ini memiliki banyak sekali jenis, seperti Safawi yang manis dan berdaging, Khudris yang tidak rata namun kenyal, dan Medjool yang berair atau yang biasa disebut ratu kurma dan lainnya.

Buah ini juga fenomenal terutama di bulan ramadhan. Buah kurma sering dijadikan sebagai buah pembuka puasa yang disandingkan dengan air mineral. Buah kurma mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin A,B,C dan K. Berikut beberapa manfaat kurma bagi kesehatan:

Membuat Kenyang

Manfaat kurma yang pertama yaitu dapat mengurangi asupan karbohidrat, hal ini dikarenakan buah kurma mengandung serat pektin yang dapat menekan rasa lapar. Serat-serat ini menarik air, meningkatkan fluiditas isi lambung, karena itu memperpanjang waktu yang dihabiskannya di lambung dan memberikan perasaan kenyang.

Meningkatkan sistem imunitas

Manfaat buah kurma yang kedua yaitu meningkatkan imun tubuh. Kurma mengandung zat kompleks baik dari segi vitamin, mineral, dan juga zat lainnya yang dapat memperkuat antibodi. Selain itu, kurma juga mengandung jumlah tinggi senyawa fenolik dan karotenoid yang dapat melawan kanker bahkan membuat tubuh kebal dari banyak radikal bebas.

Mengurangi Kebutuhan Gula

Tubuh memang membutuhkan glukosa yang nantinya diubah menjadi tenaga dan mencukupi kebutuhan lainnya. Kebutuhan gula dapat diperoleh secara alami melalui konsumsi kurma.

Mencegah sembelit

Serat yang ada pada buah kurma dapat membuat pencernaan lancar, sehingga terhindar dari sembelit. Buah kurma sudah lama terkenal akan serat yang tinggi sehingga sering disebut sebagai buah pencahar.

Bagus untuk kesehatan jantung

Buah kurma juga dikenal sebagai sumber kalium yang baik, kandungan mineral yang baik dapat menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Kandungan kalium tersebut berperan dalam memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi dan juga tekanan darah.
Penelitian juga telah mengungkapkan, bahwa diet dengan buah yang kaya akan kandungan kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko stroke.

Mencegah penyakit mata

Kurma mengandung sumber zeaxanthin dan lutein, yang merupakan jenis karotenoid yang ada di jaringan mata dan mempunyai sifat antioksidan. Sehingga, senyawa-senyawa tersebut dianggap berguna untuk mencegah perkembangan katarak dan degenerasi makula.

Kesimpulan

Itu tadi uraian tentang manfaat kurma bagi kesehatan. Manfaat buah kurma yang telah dijabarkan diatas dapat dengan mudah anda rasakan dengan cara mengonsumsi kurma dengan rajin setiap hari. Imbangi dengan air putih yang cukup, sehingga dapat berperan secara maksimal.

Related Posts

5 thoughts on “Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *