Mau Investasi Yang Pasti? Kenali Obligasi Milik Negara Berikut

Mau mulai investasi di obligasi tapi khawatir salah pilih produk dan berujung rugi? Kalau begitu, mungkin obligasi pemerintah bisa menjadi solusinya.

Karena obligasi pemerintah diterbitkan oleh pemerintah maka tidak akan terjadi gagal bayar. Berbeda jika diterbitkan oleh korporasi karena masih ada risiko perusahaan bangkrut.

Obligasi negara sendiri banyak jenisnya, salah satunya adalah ORI atau Obligasi Ritel Indonesia. Lalu mengapa Anda harus mencoba investasi ORI ini?

Pemerintah, bahkan undang – undang selalu menjamin setiap dana yang disetorkan serta akan terus membayarkan kupon obligasi sesuai waktu yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, tentu risiko gagal bayar akan sangat kecil.

 

Dengan adanya kepastian seperti ini tentu akan menguntungkan Anda sebagai investor. Sehingga akan sangat rugi jika Anda tidak turut berinvestasi pada obligasi terbitan pemerintah.

 

Selain dibayarkan rutin, ORI ini juga menetapkan besaran kuponnya secara tetap lho. Jadi, Anda bisa mendapatkan besarannya sama setiap bulan. Tidak naik turun, anti rugi bukan?

Apa Itu Obligasi Ritel Indonesia?

Obligasi Ritel Indonesia merupakan salah satu produk dari instrumen obligasi yang dikeluarkan pemerintah Indonesia lewat Kementerian Keuangan.

 

Nah, Obligasi sendiri merupakan jenis surat utang yang bisa dijual belikan.

Jika korporasi menerbitkan obligasi, maka dananya akan digunakan untuk mengembangkan perusahaan tersebut.

Sedangkan negara, mereka menerbitkan obligasi ORI atau surat – surat berharga sebagai salah satu alternatif untuk memberikan sumber pendanaan bagi pemerintah.

Baik untuk program pembangunan atau infrastruktur, pengembangan pendidikan sampai dengan meningkatkan kualitas kesehatan.

Dengan Anda ikut membeli dan menjadi salah satu investor di sini. Berarti sama saja Anda turut membantu berkontribusi untuk pembangunan negara.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli obligasi ini, sebaiknya ketahui dulu cara kerjanya yuk.

Cara Kerja Obligasi Ritel Indonesia

 

Obligasi pemerintah tidak setiap saat tersedia. Pemerintah hanya menerbitkan apabila sedang membutuhkannya saja. Maka dari itu ketahui dulu cara kerjanya sebelum seri ORI selanjutnya keluar.

1.    Penerbitan Obligasi

Negara biasanya rutin menerbitkan ORI satu tahun sekali. Mereka akan mulai menerbitkan surat utang atau obligasi tersebut ketika sudah mulai harus mendapatkan dana untuk pembangunan pemerintah.

 

Dalam penerbitan tersebut juga dijelaskan terkait syarat pembelian, tanggal jatuh tempo, besaran kupon dan ketentuan lainnya.

2.    Masa Penawaran Obligasi

Setelah seri obligasi diterbitkan dan negara sudah menetapkan tanggal pembeliannya. Selanjutnya mereka akan menawarkannya secara umum kepada siapapun. Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Biasanya mereka akan menawarkan obligasi tersebut dalam waktu 2 minggu. Setelah masa penawaran habis. Pemerintah akan mengumumkan jumlah hasil penjualannya.

3.    Pembayaran Kupon Obligasi

Selanjutnya, pemerintah akan membayarkan kuponnya sesuai waktu yang sudah ditentukan, 1 bulan, 6 bulan atau bahkan bisa 12 bulan sekali. Besarannya tergantung dari berapa unit yang Anda beli.

4.    Penjualan Obligasi

Meskipun belum jatuh tempo, Anda bisa tetap menjualkan obligasi nya. Yaitu di pasar sekunder. Nah pasar ini sebelumnya sudah ditetapkan oleh pemerintah. Di mana saja Anda bisa menjual. Atau menunggu sampai tanggal jatuh temponya, biasanya sekitar 3 – 5 tahun.

 

Setelah mengetahui cara kerjanya, apakah Anda sudah mulai tertarik untuk mencoba membeli ORI? Salah satu bank yang menjadi mitra negara yaitu digibank by DBS. Yuk, langsung saja simak produk dari digibank by DBS – Obligasi ini.

Investasi ORI Yang Pasti Bersama digibank by DBS

Ada banyak bank yang bermitra untuk proses pembelian ORI. Salah satunya adalah digibank by DBS. Produk digibank by DBS – Obligasi dapat membantu Anda membeli unit ORI sesuai keinginan.

 

Tapi sebelum itu, Anda harus punya rekening tabungannya dulu ya. Apa saja kelebihan menggunakan aplikasi ini?

1.    Pendaftaran Yang Praktis

Tenang saja, Anda tidak perlu datang langsung ke bank dan mengantri panjang dan mengisi dokumen yang berlembar – lembar. Karena Anda cukup pasang aplikasi digibank by DBS. Lalu menyiapkan e-KTP untuk mengisi identitas Anda, lalu verifikasi hanya dengan sidik jari.

2.    Gratis Transfer Ke Manapun

Biasanya ketika akan transfer ke bank lain, akan dikenakan biaya sebesar Rp6.500. Namun tidak dengan digibank. Dengan digibank by DBS Anda bebas transfer ke bank manapun, asalkan menggunakan aplikasi digibank nya.

3.    Bebas Biaya Tarik Tunai

Tidak hanya itu, ada kelebihan yang sangat diidam – idamkan para nasabah khususnya milenial. Yaitu bebas biaya tarik tunai. Karena ada aturan, jika menarik saldo bukan di ATM bank kita maka akan dikenakan biaya. Jangan khawatir, karena digibank tidak ada biaya tersebut.

4.    Pilihan Instrumen Investasi Beragam

Jika sudah berhasil buka tabungan. Anda bisa langsung membeli unit ORI, langsung di aplikasi tersebut. Karena digibank by DBS menyediakan sajian lengkap investasi ala rumah makan Padang, alias apapun ada. Salah satunya produk obligasi tersebut.

 

Lalu bagaimana cara membeli ORI lewat digibank by DBS? Mudah saja kok, setelah Anda menyelesaikan proses pendaftaran. Pilih menu obligasi pada aplikasi, isikan identitas lengkap, konfirmasi dan selesaikan pembayarannya.

 

Jadi selain bisa memilih berbagai instrumen ORI yang beragam, Anda juga bisa memanfaatkan fitur dan kelebihan digital banking nya. Dengan berbagai manfaat dari aplikasi digibank by DBS ini Anda bisa berinvestasi secara aman dan bisa merasakan fitur – fitur menariknya.

 

Maka dari itu, yuk segera menjadi nasabah digibank dan pasang aplikasi digibank by DBS untuk mendaftar. Anda bisa mendapatkannya di AppStore dan Google Play. Sehingga, pembelian obligasi pun menjadi lebih mudah dan praktis. Untuk mendapatkan informasi secara update dari digibank. Anda juga bisa follow akun Instagramnya di @digibankid.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *