audio sound system

Mengenal 5 Jenis Speaker Audio Sound System

Speaker merupakan salah satu perangkat mutlak yang dibutuhkan dalam audio sound system. Dalam bidang musik, alat satu ini selalu digunakan untuk berbagai acara. Anda sendiri tentunya sudah tidak asing lagi dengan speaker. Namun tahukah anda bahwa speaker juga memiliki berbagai macam jenis ? Berikut simak penjelasannya.

Macam Macam Speaker

1.Full Range

Jenis speaker full range bekerja pada frekuensi yang sangat lebar, yaitu antara 40 Hz sampai dengan 2 kHz. Speaker ini memproduksi sebanyak mungkin rentang frekuensi yang bisa didengar oleh manusia. Bahkan speaker full range dapat mengeluarkan suara dengan frekuensi rendah dan tinggi sekaligus.

Akan tetapi, tentu saja suara yang dihasilkan tidak akan seoptimal jenis speaker yang memang ditujukan untuk menghasilkan suara pada frekuensi tertentu. Full range sendiri biasanya digunakan untuk musik lapangan, seperti acara nikahan sampai karaoke. Speaker jenis ini dibutuhkan agar dapat menghasilkan suara jelas pada kondisi di ruangan terbuka.

2.Tweeter

Tweeter merupakan salah satu jenis speaker pada audio sound system yang menghasilkan frekuensi antara 3.500 Hz sampai 20 kHz. Suaranya sedikit melengking, dan digunakan agar melodi dari gitar bisa terdengar dengan jelas. Tweeter ini termasuk jenis terkecil dalam rangkaian jenis speaker lainnya, dimana ukurannya hanya 0,5 inci dan maksimal 4 inci.

3.Mid Range

Lebih besar dari tweeter, speaker mid range memiliki diameter di kisaran 4 hingga 6 inci. Namun frekuensinya bekerja di nada yang lebih rendah, antara 500 hingga 5.000 Hz. Suara yang dihasilkan cenderung jelas dan terfokus. Pada sistem 3 way, jenis speaker seperti mid range ini berperan sebagai pelengkap atau penyempurna agar suara di frekuensi menengah terdengar jelas.

4.Subwoofer

Speaker jenis subwoofer bekerja pada frekuensi 20 sampai 200 Hz, dimana jenis ini memang berperan sebagai penghasil suara dengan nada rendah dan berat atau biasa disebut dengan bass. Ukuran diameternya bisa dibilang paling besar bila dibandingkan jenis lainnya, yaitu sekitar 12 hingga 21 inci.

Diameter ukuran yang besar dari speaker subwoofer bukan tanpa alasan, namun agar suara yang dihasilkan lebih optimal jika melalui speaker yang besar. Biasanya subwoofer akan diletakkan pada sebuah box khusus untuk menunjang kerjanya. Suara bass yang dihasilkan pun terdengar lebih baik dengan adanya box yang dilengkapi lubang tersebut.

5.Woofer

Pada audio sound system juga ada speaker jenis woofer. Sama halnya dengan subwoofer, jenis speaker satu ini juga digunakan untuk menghasilkan suara berfrekuensi rendah atau bass. Woofer bekerja pada kisaran 40 sampai 1.000 Hz, perbedaannya dengan subwoofer terletak pada ukurannya. Untuk woofer, diameter ukurannya sebesar 4 sampai 12 inci saja.

Berbagai jenis speaker seperti di atas bisa anda temukan dengan mudah dalam berbagai merek. Temukan aneka merek speaker ternama dan berkualitas di Bliaudio. Bahkan tidak hanya speaker, di platform ini anda bisa menemukan berbagai peralatan sound system lainnya yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

info lengkap : https://www.bliaudio.com/

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *