tata cara sholat jenazah

Tata Cara Sholat Jenazah Berdasar Syaratnya

Terdapat ibadah yang dianjurkan bagi seorang muslim. Ibadah ini adalah shalat jenazah yang dimana sangat diwajibkan untuk dilaksanakan. Hukumnya fardhu khifayah dan semua umat muslim wajib menjalankannya. Doa yang akan dipanjatkan oleh seorang muslim untuk seseorang yang sudah meninggal memiliki pahala yang besar. Berikut tata cara sholat jenazah berdasar syaratnya antara lain :

 

  • Menutup aurat, suci badan dan pakaian

 

Siapapun yang hendak melaksanakan shalat jenazah maka diwajibkan untuk menutup auratnya, suci badannya dan berpakaian. Aurat sangatlah sensitive sehingga dianjurkan bagi seorang muslim untuk berpakaian yang rapi dan sopan. Badan haruslah suci dan terhindar dari hadast besar dan kecil. Menshalatkan jenazah berarti sedang mendoakan orang yang sudah meninggal.

 

  • Mayat sudah dimandikan dan dikafani

 

Ketika hendak melakukan sholat jenazah maka seorang mayat haruslah sudah dimandikan dan dikafani. Seorang jenazah baik laki – laki atau perempuan yang meninggal haruslah dikafani karena hal ini bersifat fardhu khifayah. Sangat diwajibkan untuk mengkhafani seorang yang meninggal karena jika hal ini tidak dilakukan maka hukumnya adalah berdosa. Rasulullah SAW telah bersabda :

Apabila salah seorang dari kamu mengkafani saudaranya, maka hendaklah ia mengkafaninya dengan baik,” (HR Ahmad, Muslim, dan Abu Daud dari Jabir).

 

  • Letak mayat diarah kiblat orang yang menshalatkan

 

Saat hendak melakukan shalat jenazah maka terdapat perbedaan antara tata letak jenazah perempuan dan laki – laki. Terdapat 2 mahzab yakni hanafi dan maliki yang membahas tentang letak seorang imam ketika menshalatkan jenazah. Kedua mahzab ini untuk hanafi : imam bersiap untuk menshalati jenazah baik laki – laki ataupun perempuan dengan posisi yang dilakukan tepat dibagian dada. Untuk mahzab maliki : imam mengatur posisi menshalatkan jenazah berdasar jenis kelaminnya. Apabila untuk laki – laki maka posisinya yakni dengan berdiri tepat ditengah jenazah. Untuk perempuan maka posisinya yakni dengan berdiri tepat didaerah pundak. Kedua mahzab ini fasih dan seorang imam dapat memilih salah satu mahzab yang berlaku.

 

  • Orang yang menshalati telah memenuhi syarat shalat sah

 

Sebelum menshalati jenazah maka diwajibkan bagi siapapun untuk memenuhi syarat shalat sah. Baik harus terhindar dari hadast besar dan kecil, melakukan wudhu dan sebagainya. Melaksanakan dan memenuhi syarat sah shalat dimaksudkan agar shalat jenazah dapat diterima oleh Allah SWT. Niscaya bahwa seseorang yang menshalatkan jenazah akan mendapat pahala yang telah dinjanjikannya.

 

  • Mengatur jarak jenazah

 

Sebelum menshalatkan jenazah maka terdapat syarat yang harus dipenuhi. Jenazah yang akan dishalatkan harus memiliki jarak yang tidak melebihi 300 dziro. Maksud dari jarak ini yakni tidak lebih hingga 150m. Syarat ini diberlakukan apabila jenazah hendak dishalatkan diluar masjid.

 

  • Tidak ada penghalang antara keduanya

 

Syarat yang perlu dilakukan untuk menshalatkan jenazah adalah tidak adanya penghalang antara keduanya. Hal ini dapat dicontohkan yakni apabila jenazah masih berada didalam keranda maka pastikanlah bahwa keranda yang digunakan tidak dipaku.

 

  • Kehadiran

 

Syarat terakhir dari tata cara sholat jenazah ini adalah kehadiran. Apabila jenazah sudah hadir maka penting untuk segera menshalatkannya. Kehadiran jenazah ini juga harus sudah didampingi dengan keluarga. Terdpat dalil shalat jenazah oleh Rasulullah SAW diantaranya :

 

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَعَى النَّجَاشِيَّ فِي الْيَوْمِ الَّذِي مَاتَ فِيهِ خَرَجَ إِلَى الْمُصَلَّى فَصَفَّ بِهِمْ وَكَبَّرَ أَرْبَعًا

Artinya, “Rasulullah SAW mengabarkan kematian An-Najasyi pada hari kematiannya. Kemudian Rasul keluar menuju tempat sholat lalu membariskan shaf kemudian bertakbir empat kali,” (HR Bukhari).

 

Melaksanakan sholat jenazah memiliki landasan hukum yang jelas. Anda sudah dapat menerapkan langkah tata cara sholat jenazah berdasar syaratnya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *