herbal untuk daya tahan tubuh

Ulasan 4 Bahan Herbal untuk Daya Tahan Tubuh yang Ampuh

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih mengkhawatirkan, salah satu upaya untuk melindungi diri adalah dengan berusaha menjaga kesehatan dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Menjaga imunitas tubuh penting agar membuat tidak mudah terserang virus. Meningkatkan daya tahan tubuh tersebut bisa diusahakan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang memberikan asupan gizi yang bermanfaat untuk menjaga imunitas. Seperti bahan herbal untuk daya tahan tubuh  yang bisa ditemukan dengan mudah dari dapur dan diracik sendiri berikut ini:

 

Jahe

Bahan pertama yang sudah dikenal memberikan manfaat untuk meningkatkan imunitas adalah jahe. Jahe mempunyai kandungan senyawa terpenoid dan fenolik yang dapat memberikan manfaat sebagai antioksidan. Fenolik di dalam jahe adalah gingerol, shogaol, dan paradol yang menawarkan banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Selain itu juga ada senyawa zingerone, gingeronen A, quercetin, hingga 6 dehydrogingerdione yang bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh. Mengonsumsi jahe secara rutin dapat memberikan manfaat untuk imun humoral yang dapat mensekresi antibodi. Sehingga jahe merupakan bahan herbal yang tepat untuk dapat memberikan manfaat meningkatkan imunitas tubuh selama pandemi.

 

Serai

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai bumbu dapur dengan manfaat kesehatan terbaik adalah serai. Bahan ini mempunyai berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan termasuk juga meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan di dalam serai adalah terpene, alkohol, keton, ester, dan juga aldehida. Serai mempunyai kandungan minyak atsiri yang mengandung berbagai manfaat, mulai dari melawan amoeba, bakteri, dan juga jamur. Kandungan minyak atsiri juga dapat membantu untuk mengurangi nyeri peradangan. Terakhir, serai dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan imun dan mencegah berbagai penyakit termasuk juga penyakit tumor yang dapat tumbuh menjadi kanker.

 

Jeruk Nipis

Herbal untuk daya tahan tubuh yang umumnya dikenal adalah berbagai jenis jeruk. Jeruk mempunyai kandungan yang kaya akan vitamin C yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. Salah satu jeruk yang bisa dipilih adalah jeruk nipis yang juga bisa dimanfaatkan untuk olahan beragam makanan. Jeruk nipis mempunyai kandungan flavonoid seperti hesperidin, quercetin, dan diosmin yang dapat memberikan efek anti peradangan, anti nyeri, dan juga anti alergi. Flavonoid juga bermanfaat sebagai anti jamur dan antivirus yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Seperti pada jenis jeruk lainnya, jeruk nipis juga mempunyai kandungan vitamin C dan hesperidin yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh.

 

Madu

Bahan alami terakhir yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah madu. Madu bisa digunakan untuk pemanis alami yang lebih sehat ataupun dicampurkan dengan racikan bahan lainnya untuk memberikan manfaat kesehatan hingga kecantikan. Madu mempunyai kandungan fitokimia flavonoid, tocopherols, superoxider dismutase, petptides, dan lainnya. Kandungan tersebut dapat menghasilkan antioksidan sehingga dapat mencegah efek buruk dari paparan radikal bebas. Madu juga dapat membantu memerangi bakteri yang dapat menyebabkan infeksi kulit, dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, hingga bagus untuk kecantikan kulit.

Empat bahan di atas bisa dipilih dan diracik sesuai dengan selera dan keinginan. Atau cara lainnya untuk mendapatkan manfaat bahan herbal untuk daya tahan tubuh adalah bisa dengan mudah membeli produk herbal yang ada di pasaran. Seperti dari Herbana yang juga menyediakan bahan herbal dengan ekstrak jahe, kunyit, jinten hitam, meniran, dan kulit manggis. Berbagai produk dari Herbana tersebut memberikan manfaat terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan manfaat kesehatan lainnya.

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *